Token Listrik Gratis: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN

Token Listrik Gratis - Ditengah pandemi covid19 ini pln memberikan keringanan berupa subsidi token gratis kepada pengguna listrik PLN 450 VA dan 900 VA prabayar ada 3 cara mendapatkannya yaitu dengan mengikuti website stimulus covid19, layanan pln dan via whatsapp, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:


Ditengah pandemi covid 19 atau corona yang belum juga usai ini tentu kita akan mengalami sedikit kesulitan ekonomi yang berdampak terhadap pemenuhan kebutuhan pokok hidup. Salah satu kebutuhan pokok masyarakat saat ini yaitu Listrik. Seperti yang kita ketahui, listrik saat ini ada 2 jenis yaitu listrik prabayar(pakai Token PLN) dan listrik pascabayar(Meteran lama).


Dan saat ini  yang paling banyak dipakai atau digunakan masyarakat adalah jenis listrik prabayar yang menggunakan token, sama halnya seperti pulsa di handphone kita dimana kita tidak bisa menggunakan listrik ketika kita belum mengisi saldo atau token listri. Berbeda dengan prabayar yang kita gunakan dulu lalu bayar belakangan.


Nah kabar baiknya, di tengah pandemi #covid19 ini pemerintah berbaik hati memberikan bantuan subsidi listrik kepada pelanggan atau pengguna listrik PLN 450 VA dan 900 VA prabayar. Awalnya program bantuan ini direncanakan 3 bulan sejak pandemi awal lalu yaitu bulan februari, maret, april. Namun karena pandemi ini belum juga usai, saat ini rencana pemerintah memberikan bantuan kompensasi token listrik gratis diperpanjang sampai Desember 2020.


Jadi selama sisa tahun 2020 ini untuk kategori 450VA dan 900VA(Yg subsidi) akan mendapat keringanan yaitu gratis token listrik untuk bulan Oktober, November dan Desember 2020. Untuk besaranya biasanya menyesuaikan dengan penggunaan bulan - bulan sebelumnya. 


Bagaimana Cara mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN ini?


Ada 3 Cara mendapatkan Token Gratis dari pln ini:

1. Lewat Website Stimulus Covid19

Cara pertama yaitu dengan mengunjungi situs website pln di https://stimulus.pln.co.id/ lalu disana akan tampil seperti berikut:

Token Listrik Gratis: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN
Disana ada pilihan untuk memasukan IDPEL atau Nomor Meter,
IDPEL itu adalah nomor yang ada di kartu listrik PLN anda, sedangkan Nomor Meter adalah nomor yang tertera di Alat Meteran/KWH listrik anda(yang nempel di depan rumah itu). Pilih salah satu, lalu isi di form tersebut, lalu isi captcha dengan memasukan kata disamping(gambar) itu contoh jika itu adalah b36 terakhir Cari. Jika ada maka akan muncul Info pelanggan disertai dengan Token 20 Digit yang bisa dipakai di bulan tersebut. Seperti berikut:
cara dapat token gratis pln


2. Lewat Situs Layanan PLN
Cara kedua yaitu melalui situs layanan pln, anda bisa mengujunginya disini : https://layanan.pln.co.id/ sebenarnya untuk cara kedua ini sangat mirip dengan cara pertama, saat membuka websitenya anda tinggal klik menu di sebelah kiri yaitu Gratis/Diskon Stimulus PSBB di menu informasi, nanti akan muncul form sama seperti di situs stimulus pada point 1 tadi, isi dengan langkah yang sama.

Token Listrik Gratis: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN


3. Lewat Whatsapp (WA) PLN

Cara terakhir bisa juga melalui Whatsapp(Tapi menurut saya kadang via WA ini lambat dan gangguan, jadi lebih rekomendasi via website (baik itu cara 1 atau cara 2).  Untuk via whatsapp ini anda tinggal mengirim pesan (bebas apa saja pertamakalinya) ke nomor  chat WhatsApp (WA) 08122123123 nanti akan dibalas dengan meminta nomor meter/id pelanggan anda, balas dengan masukan id pelanggan/nomor meternya setelah itu anda akan menerima balasan berupa kode token pln.


Nah itulah bagaimana cara mendapatkan Token PLN Gratis selama pandemi covid19 ini ditahun 2020 semoga bermanfaat dan semoga covid19 segera usai.

Video Penjelasan:

Posting Komentar

0 Komentar